Sabtu, 21 April 2012

INI GOLONGAN DARAHMU!

4 Macam Golongan Darah

    Golongan darah ditemukan oleh ahli Imunologi Dr. landsteiner dan Donath. Golongan darah adalah ciri khusus darah seseorang karena perbedaan jenis karbohidrat dan protein pada permukaan membran sel darah merah. Menurut Karl Lendsteiner, golongan darah dibagi menjadi 4 macam, ada A, B, AB, dan  O. Penggolongan ini berdasarkan antigen (aglutinogen) dan antibodi (disebut juga aglutinin yaitu protein yang bisa menggumpalkan aglutinogen).

Penggolongan darah sangat penting karena berfungsi untuk transfusi (proses memindah darah). Katanya, golongan darah juga bisa menentukan karakter seseorang karena darah kita dibentuk suatu protein yang membangun sel – sel di tubuh sehingga juga menentukan psikologi kita. Percaya nggak?

1. Golongan Darah A
Populasi masyarakat di dunia yang memiliki golongan darah A ada sekitar 40 %. Orang dengan golongan darah A memiliki antigen A di membran selnya tapi menghasilkan antibodi terhadap antigen B, jadi golongan darah A hanya bisa menerima darah dari orang yang bergolongan darah A dan O saja. Biasanya kamu orang yang teratur, konsisten, jiwa kerja-sama tinggi,tapi selalu cemas sehingga bisa membuat orang di sekitarmu menjadi sebal. Pola makanmu merupakan Vegetarian yang tinggi karbohidrat dan protein, tapi rendah lemak.

2. Golongan Darah B
Ada sekitar 10 % warga dunia yang bergolongan darah B. Kebalikan dari golongan darah A, golongan darah B memiliki antigen B dan menghasilkan antibodi terhadap antigen A, sehingga hanya bisa menerima darah dari orang yang bergolongan darah B dan O saja. Kamu suka makanan yang bervariasi. Sifatmu secara umum nyantai, easy going,  dan menarik.



3. Golongan Darah AB
Nah, orang yang memiliki golongan darah AB jumlahnya paling sedikit di dunia, yaitu hanya sekitar 4 %. Golongan AB tidak menghasilkan antibodi terhadap antigen A maupun B. Orang dengan golongan darah AB dapat menerima semua golongan darah sehingga disebut resipien universal. Sifatmu unik, banyak akal dan rasional. Kamu kurang suka dengan makanan yang mengandung protein hewani, seperti daging.

4. Golongan Darah O
Kebalikan dari golongan darah AB, jumlah orang yang bergolongan darah O paling banyak di seluruh dunia, yaitu sekitar 46 %. Kamu tidak punya antigen, tapi bisa menghasilkan antibodi terhadap antigen A dan B. Golongan darah O bisa mendonorkan darah ke semua golongan darah sehingga disebut donor universal. Tapi, kamu tidak bisa menerima darah selain dari sesama golongan darah O. Kalau golongan darah AB kurang suka dengan daging, justru kamu yang bergolongan darah O sangat cocok dengan protein yang terkandung dalam daging tersebut. Kamu orangnya berjiwa besar, supel, nggak mau ngalah, dan selalu ingin tahu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar